Rabu, 17 Januari 2018

Kilas Balik Performa Timnas U-19

Kilas Balik Performa Timnas U-19
Saat Indonesia menjadi juara di Piala AFF, sumber gambar: http://bolajawara.blogspot.co.id/2017/03/daftar-juara-piala-aff-u-19.html

Meskipun sudah cukup lama berlalu, tapi tentu saja masih ada dibenak kita saat Timnas Indonesia U-19 menjadi juara Piala AFF dan Piala AFC.

Kala itu pelatih kepala masih dipegang Indra Sjafri, pelatih bertangan dingin tersebut mencari materi pemain yang punya kemampuan diatas rata-rata, Indra mencari sampai kepelosok negeri ini. Karena memang sudah seharusnya timnas berisikan pemain dari ujung barat ke ujung timur.

Pemain berbakat yang ditemukan Indra Sjafri antara lain, Evan Dimas, Ilham Udin, Septian David Maulana, M. Hargianto, sampai yang terbaru Egy Maulana Vikri yang digadang-gadang bakal bermain diliga top eropa.

Kembali pada topik berita. Waktu itu Indonesia berhasil menjadi kampiun diturnamen antar Asia, AFF dan AFC, setelah mengalahkan lawan berat seperti Vietnam, Thailand, dan bahkan Korea Selatan yang sejatinya juara bertahan dibuat tunduk untuk kali ini.

Perasaan para pecinta sepakbola tanah air tentu haru, senang, bercampur merinding. Seperti menemukan sinar lagi disepakbola kita yang telah lama gelap. Harapan itu terus muncul, mungkinkah kita tembus Piala Dunia? Dan sampai sekarang memang belum terjadi.

Terakhir Indra Sjafri mengasuh skuat timnas U-19 di era Egy Maulana Vikri. Saat itu timnas U-19 ikut turnamen toulon di Prancis, ini kali pertama Indonesia berpatisipasi diturnamen tersebut. Namun siapa sangka? Indonesia bermain lebih baik dari Jepang.

Pada turnamen tersebut Indonesia hanya kurang penyelesaian akhir dan boros peluang, saat laga pertama dimulai, kala itu Indonesia dipertemukan dengan Brazil, Brazil sampai tidak berdaya dibuatnya. Beberapa kali Indonesia mengancam namun itu dia, timnas kita masih buruk pada penyelesaian akhir.

Diakhir turnamen Egy Maulana Vikri mendapatkan trofi bergengsi yang dulu pun pernah didapatkan Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane, yakni trofi Jouer Revelation.

Dan uji coba timnas U-19 tahun ini akan berlangsung pada bulan maret dan akan ditantang oleh timnas Jepang U-19. Kita lihat apa yang nanti terjadi, sayangnya pelatih kepala sekarang sudah tidak dipegang Indra Sjafri, meskipun begitu siapapun pelatihnya saya yakin akan memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Bravo!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak